Total Tayangan Halaman

Kamis, 04 Agustus 2011

Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Yang Bertempat Tinggal di Kota Dengan di Desa Dalam Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 4 Bireuen

Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan faktor penting dalam membina warga negara, kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan terus menerus ditingkatkan, keberhasilan pendidikan dianggap sebagai kunci keberhasilan pembangunan.
Pendidikan berlangsung seumur hidup dan dilaksanakan dalam lingkungan rumah tangga, sekolah dan masyarakat, pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah, hal ini sejalan dengan hakikat pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Dalam pencapaian tujuan tersebut pemerintah selalu berusaha mengadakan perbaikan-perbaikan serta pembaharuan sesuai dengan kebutuhan.
Semua sarana dan prasarana sangat mendukung keberhasilan pendidikan itu sendiri, namun bukanlah satu satunya yang menjamin keberhasilan anak didik, karena faktor anak didikpun sangat menentukan keberhasilan dalam mencapai prestasi pendidikan. Untuk lebih jelasnya Bernabib (1978:13) menyatakan “Untuk mencapai suatu keberhasilan dalam proses belajar mengajar sangatlah dipengaruhi beberapa faktor yaitu: Faktor tujuan, faktor pendidik, faktor anak didik, faktor alat pendidikan, dan faktor lingkungan”.
Sejalan dengan itu Tobing (1987: 21) menyatakan bahwa “Faktor anak didik yang didalamnya termasuk usaha-usaha yang dilakukan anak didik dalam menerima pendidikan agar tujuan kurikuler dapat tercapai, salah satu di dalamnya adalah latar belakang dari siswa itu sendiri".
Uraian-uraian di atas merupakan suatu daya upaya yang menceminkan suatu usaha keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Namun tidak dapat kita pungkiri bahwa perbedaan latar belakang yang ada pada siswa baik latar belakang dalam keluarga maupun latar belakang tempat tinggal dari siswa itu sendiri merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, sebagai contoh; siswa yang tinggalnya di daerah pedesaan biasanya santun dan penurut sesuai dengan kondisi lingkungan yang mereka tempati, begitu sebaliknya siswa yang tinggalnya di perkotaan biasanya kurang peduli antara sesama dan cuek dengan keadaan lingkungan, ini disebabkan karena lingkungan tempat mereka tempati terbiasa dengan kebiasaan yang demikian. Latar belakang siswa dari desa berbeda dengan latar belakang siswa dari koka, keadaan seperti ini memungkinkan ikut mempengaruhi prestasi belajar yang mereka peroleh.
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah penblis uraikan di atas, penulis berkeinginan untuk membuat suatu penelitian yang berjudul “Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Yang Bertempat Tinggal di Kota Dengan di Desa Dalam Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 4 Bireuen”, dengan maksud untuk meneliti apakah perbandingan tempat tinggal berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dan yang mana yang memiliki prestasi belaiar yang lebih baik di antara mereka.

Rumusan Masalah


Bagaimanakah perbedaan prestasi belajar siswa yang bertempat tinggal di kota dengan di desa dalam mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 4 Bireuen?Bagaimanakah cara belajar siswa yang bertempat tinggal di kota dengan di desa dalam mata pelajaran Giografi di SMA Negeri 4 Bireuen.

Bagaimanakah cara belajar siswa yang bertempat tinggal di kota dengan di desa dalam mata pelajaran Giografi di SMA Negeri 4 Bireuen.


Selengkapnya Download

Tidak ada komentar: